Lanjut ke konten

Siklon Yasi Menuju Pesisir Australia

Februari 3, 2011

Headline

Belum menyentuh pesisir Australia saja, Siklon Yasi sudah bisa diprediksikan bakal menjadi salah satu badai besar dalam sejarah negara tersebut.

Berbekal angin dengan kekuatan 300 km per jam, siklon ini sedang bergerak menujuk pesisir timur laut Australia. Siklon ini akan menjadi yang terbesar dalam sejarah, terutama karena menuju daerah padat penduduk.

Yasi diperkirakan akan menyentuh kota-kota kecil seperti Cairns dan Townsville, hari ini, Rabu (2/2) waktu setempat. Siklon alias badai ini, berada pada level lima atau yang tertinggi dan mencapai rekornya bagi Negara Bagian Queensland.

Australia beberapa kali mencatat ‘kedatangan’ siklon-siklon besar. Seperti Siklon Mahina (1899), Siklon Tracy (1974), Siklon Joan (1975), Siklon Olivia (1996), Siklon Ingrid dan Badai Katrina pada 2005, serta Siklon Larry (2006).

Siklon adalah sebuah wilayah atmosfir bertekanan rendah yang bercirikan pusaran angin yang berputar berlawanan dengan arah jarum jam di bumi belahan utara dan searah jarum jam di bumi belahan selatan.

sumber : www.inilah.com

From → World News

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar